Featured Post

Cara membuat Ketupat Kandangan

Mandai si Kulit Cempedak


Makanan Banjar

Buah cempedak atau tiwadak
Buah cempedak adalah buah asli Kalimantan, bentuknya mirip nangka tetapi ukurannya relatif kecil dan memanjang. Bergetah lengket seperti juga buah nangka. Masyarakat lokal menyebut buah ini dengan nama "tiwadak". Biasanya musim buah ini mengikuti daripada musim buah durian, dan dapat dipastikan bahwa apabila menjelang habis musim durian buah inipun melimpah dipasaran. Dijual dengan harga yang relatif murah.

Daging buah yang harum
Cara mengeluarkan isi dagingnya dalah dengan cara di belah kemudian di tarik melebar sehingga lapisan kulitnya terlepas dari daging buah dan bijinya. Aroma buah ini sangat khas dan wangi. 




Si Nona makan tiwadak
Daging buah seperti halnya nangka  namun lebih lembut berserat, dengan rasa yang manis dan beraroma khas. Dapat dimakan langsung sebagai buah atau dapat juga di goreng layaknya pisang goreng, orang banjar menyebut gorengan buah cempedak ini "gegodoh tiwadak". Biasanya anak-anak menyukai buah ini dan olahannya. 





Inilah si "Mandai" :
Bagi orang banjar, kulit cempedak bukanlah sampah. Namun ini adalah bahan makanan
favorit yang hadir musiman. Walaupun sebenarnya diluar musim cempedak masyarakat masih bisa mengkonsumsinya, karena mandai ini dapat di awetkan dalam larutan air garam dan dapat bertahan berbulan-bulan. Bahkan karena proses fermentasi dapat memunculkan rasa asam dan asin yang khas yang justru membuat olahan mandai berasa lebih nikmat dan exotis.
Berikut cara memperoleh mandai :
  • Kulit cempedak yang telah dibelah dan dipisahkan dengan daging buahnya kemudian dikupas kulit terluarnya. Cara mengupas seperti gambar dibawah ini :

Cara mengupas mandai


  • Seperti inilah kulit mandai yang telah dibersihkan :

  • Selanjutnya kulit cempedak atau mandai ini dapat langsung digoreng atau dimasak sesuai selera selanjutnya langsung dikonsumsi. Atau dapat juga diawetkan dengan tehknik tertentu. Cara mengewetkan mandai akan kami ulas di artikel selanjutnya di Blog ini. 
  •  Salah satu cara memasak mandai adalah dengan cara dimasak kering pedas sebagaimana gambar di bawah ini.
Mandai yang telah dimasak
  • Mandai memiliki rasa yang gurih hampir seperti rasa jamur namun lebih liat dan berserat, karena aroma dan teksturnya bahan makanan ini sangat digemari, bahkan terlebih lagi karena kesederhanaan dan murahnya menjadikan mandai makanan rakyat.