Featured Post

Cara membuat Ketupat Kandangan

Kuranji si buah hutan

     Ada pepatah tak kenal maka tak sayang, mungkin ini "agak" cocok untuk mengambarkan buah asli Kalimantan yang mustahil ditemui di supermarket ini.
     Bentuk fisiknya yang cenderung kurang menarik, berwarna hitam kusam, kulit sedikit lebih keras dari buah kelengkeng, ukurannyapun tidak jauh dari buah kelengkeng namun dengan bentuk yang agak lebih lonjong dan sedikit gepeng.

     Dibalik kulit kusam, terdapat daging buah yang juga "kusam" tampak kering dan lembut berbulu, sulit dibayangkan memang, namun apabila anda melihatnya secara langsung mungkin deskripsi anda tidak jauh berbeda.

    Yang lebih mengejutkan adalah ketika anda memasukkannya ke dalam mulut, maka seolah daging buah akan lumer bersama air ludah memunculkan rasa asam yang menyerupai rasa buah asam jawa, meninggalkan biji keras berwarna hitam, sekali lagi mirip dengan asam jawa cuma bentuknya lebih kecil seperti kerikil.
     Pepatahnya "Tak kenal maka tak sayang, kenal belum tentu sayang".
Setidaknya keunikan dan eksotisnya buah ini menjadikannya layak untuk kita ketahui, terutama sebagai OBAT NGANTUK sebagaimana yang dikatakan si penjual kepada saya.

Comments